Manfaat dan Bahaya Metode Diet Water Fasting

Banyak sekali metode dalam program diet, salah satunya adalah Water Fasting. Disini saya akan menjelaskan Manfaat dan Bahaya Metode Diet Water Fasting yang harus anda ketahui sebelum melakukan program diet dalam menurunkan berat badan.

Water Fasting atau diet air putih merupakan metode diet yang dilakukan dengan hanya mengkonsumsi air putih tanpa mengkonsumsi makanan atau minuman lain. Tetapi, anda perlu barhati-hati. Karena diet ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika tidak dilakukan dengan benar.

Ricalinu Produk Penghilang Asam Urat dan Rematik

Water Fasting merupakan salah satu metode yang banyak diterapkan untuk mengurangi berat badan, menghilangkan racun dalam tubuh, hingga sebagai persiapan sebelum operasi. Selama menjadi diet ini, anda tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman apapun kecuali air putih, sehingga tidak ada kalori yang masuk ke dalam tubuh. Mengapa air putih ? krena selain tidak mengandung kalori, air putih juga terbukti sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat dan Bahaya Metode Diet Water Fasting

Manfaat dan Bahaya Metode Diet Water Fasting

Manfaat Diet Water Fasting

Berikut dibawah ini ada berbagai macam manfaat yang akan anda rasakan dengan menjalani metode diet water fasting, yaitu :

  • Menurunkan Berat Badan

Pada saat anda tidak memproleh asupan kalori selama 24 jam atau lebih, maka berat badan dapat turun 0,9kg per hari. Selain itu, asupan air putih sebanyak 2 liter juga bisa membakar hingga 100 kalori perhari.

Tetapi, tidak perlu khawatir tubuh anda akan terasa lemas akibat tidak mendapatkan energi dari kelori, karena awalnya energi masih dapat diperoleh dari pemesanan glikogen yang berperan sebagai cadangan karbohidrat.

Menurunkan Risiko penyakit Jantung dan Kanker

Beberapa penelitian menyatakan bahwa water fasting dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung. Tidak hanya itu, menjalani diet water fasting juga diyakini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

  • Menurunkan Risiko Diabetes

Diet water fasting dapat menurunkan risiko terkena diabetes, karena tubuh tidak mendapat asupan gula dari makanan ataupun minuman.

Selain itu, metode diet ini juga berperan dalam meningkatkan sesitivitas tubuh terhadap hormon insulin.  Insulin merupakan hormon yang berperan dalam mengataur kadar gula darah. Meningkatkan sesitivitas tubuh terhadap insulin dapat mencegah kenaikan kadar gula darah secara berlebihan.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Water Fasting yang dilakukan dibawah pengawasan dokter dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Sebuah studi menyatakan bahwa 82-90% orang mengalami penurunan tekanan darah setelah melakukan water fasting selama 10-14 hari.

Bahaya Diet Water Fasting

 

Selain dari banyaknya berbagai manfaat dari water fasting, ternyata ada juga bahayanya jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Dibawah ini ada beberapa dampak buruk dari diet water fasting. Yaitu :

  • Kekurangan Gizi

Karena tidak ada supan makanan atau minuman lain selain dari air putih, maka tubuh berisiko mengalami mal nutrisi akibat tidak ada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Padahal, nutrisi yang mencakup protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat berfungsi dengan baik.

Oleh sebab itu, metode diet ini tidak dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

  • Dehidrasi

Walaupun terdengar aneh, water fasting dapat menyebabkan anda mengalami dehidrasi. Hal ini terjadi karena 20-30% asupan cairan tubuh sebenarnya berasal dari makanan. Oleh sebab itu, meskipun anda mengkonsumsi jumlah air yang sama, tubuh akan tetap kekurangan cairan/

Gejala yang dapat muncul berupa pusing, mual, nyeri kepala, dan sembelit. Untuk menghindari dehidrasi anda disarankan minum lebih banyak daripada biasanya.

  • Hiportensi Ortostatik

Hiportensi ortostatik adalah kondisi yang sering dialami oleh mereka yang menjadi water fasting. Hipotensi ortostatik ini adalah penurunan tekanan darah mendadak yang terjadi saat seseorang tiba-tiba berdiri dari posisi duduk atau berbaring, sehingga menimbulkan rasa pusing dan seperti mau pingsan.

Diatas sudah saya sebutkan bagaimana Manfaat dan Bahaya Metode Diet Water Fasting yang perlu anda ketahui sebelum anda melakukannya. Sebelum anda menggunakan metode ini, baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis untuk mendapatkan arahan yang tepat. Semoga bermanfaat

TOKO HERBAL RICALINU

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat