Penyakit Reproduksi Wanita Berisiko Mempersulit Kehamilan

Waspada,ternyata beberapa Penyakit Reproduksi Wanita Berisiko Mempersulit Kehamilan pada kemudian hari. Maka dari itu, anda harus berhati-hati dan harus selalu memperhatikan kesehatan reproduksi agar tetap sehat dan terhindar dari beberapa risiko terkena penyakit.

Berbagai macam jenis penyakit dapat menyerang sistem reproduksi wanita. Sebagian penyakit tersebut mempunyai risiko yang dapat mempersulit kehamilan di kemudian hari. Untuk itu, sangat penting bagi para wanita agar selalu waspada dari penyakit yang dapat mengganggu rencana memproleh momongan.

Penyakit Reproduksi Wanita Berisiko Mempersulit Kehamilan

Beberapa jenis penyakit reproduksi wanita yang dapat mempersulit kehamilan adalah endometriosis, Miom, dan Sinrom Ovarium Polikistik. Selain itu, infeksi menular seksual (IMS) dan radang panggul juga diketahui dapat memicu gangguan kesuburan.

Penyakit Reproduksi Wanita Berisiko Mempersulit Kehamilan

Dibawah ini, ada beberapa penjelasan mengenai berbagai penyakit reproduksi wanita yang dapat berisiko mempersulin kehamilan. Yaitu :

  • Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim justru tumbuh di luar rahim, seperti ovarium, tuba falopi, vagina, dan bahkan bisa menjangkau organ-organ lain didalam tubuh. Jika tidak segera ditangai, dapat menyebabkan peradangan, kista, membentuk jaringan parut, hingga kemandulan (infertilitas).

Sampai saat ini, belum ada pengobatan khusus untuk mengatasi endometriosis. Pengobatan untuk penyakit ini umumnya ditunjukan untuk meringankan gejala yang dialami, memperlambat pertumbuhan jaringan abnormal, dan meningkatkan kesuburan. Jika metode pengoatan tersebut tidak efektif, kemungkinan dokter akan menyarankan anda untuk melakukan prosedur operasi.

  • Miom

Miom adalah pertumbuhan jaringan nonkanker di dalam rahim. Pertumbuhan jaringan ini umumnya tidak mempengaruhi proses kehamilan. Hanya saja, ada sebagian kasus miom yang lokasi pertumbuhannya dapat menyebabkan infertilitas atau keguguran.

Jika pertumbuhan miom diketahui berisiko untuk merpersulit kehamilan dikemudian hari, dokter mungkin akan menyarankan operasi untuk mengangkatnya.

  • Sindrom Ovarium Polikistik

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik adalah sebuah bentuk kelainan hormonal pada wanita yang dapat mempersulit kehamilan. Sindrom ini dapat dikenali dari siklus haid yang tidak teratur, munculnya jerawat, dan pertumbuhan rambut yang berlebih.

Sampai saat ini, metode pengobatan yang efektif untuk mengatasi sindrom ovarium polikistik masih belum ditemukan. Pengoabtan yang ada lebih bertujuan untuk mengendalikan gejala yang muncul akibat sindrom tersebut. Untuk memperbesar peluang kehamilan, penderita PCOS perlu menjalani pengobatan secara teratur, dibawah pemantauan dokter kandungan.

  • Radang Panggul

Penyakit radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) terjadi ketika saluran reproduksi bagian atas, seperti rahim, leher rahim, indung telur, dan tuba falopi, mengalami peradangan akibat infeksi bakteri dari vagina. Bila tidak ditangani segera, penyakit radang panggul dapat menyebabkan komplikasi serius yang mempersulit kehamilan, berupa munculnya jaringan parut pada sistem reproduksi.

Infeksi bakteri ini dapat diatas dengan obat intibiotik. Pasien dianjurkan untuk menyelesaikan masa pengobatan hingga tuntas, untuk mengurnagi risiko terjadinya komplikasi lain yang lebih serius.

  • Infeksi Menular Seksual

Klamidia dan Gonore merupakan infeksi menular seksual yang sering dikaitkan dengan kemandulan, khususnya pada wanita. Pasalnya, wanita sering kali tidak mengalami gejala yang khas ketika menderita infeksi ini, sehingga terlambat mendapatkan penanganan.

Tanpa penanganan yang tepat, klamidia dan gonore dapat menyebar dari vagina menuju rahim. Dalam kondisi yang lebih berat, infeksi ini dapat berkembang menjadi radang panggul dan mempersulit kehamilan.

Penyakit pada organ reproduksi wanita tidak bisa dianggap remeh dan perlu ditangani. Jika anda memiliki gejala-gejala penyakit tersebut, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang dibutuhkan, terutama untuk mempertahankan fungsi reproduksi agar bisa hamil di kemudian hari.

Semoga Bermanfaat

Ditulis Oleh : Toko Herbal Ricalinu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *