Cara Mencairkan Ikan Beku Agar Tetap Higienis

Tips atau Cara Mencairkan Ikan Beku Agar Tetap Higienis yang harus di perhatikan dan dilakukan secara benar agar ikan yang dikonsumsi tidak terkontaminasi bakteri berbahaya yang dapat membahayakan tubuh dan kesehatan anda.

Cara Mencairkan Ikan Beku Agar Tetap Higienis

Makanan segar seeprti daging sapi, ayam, dan ikan kini banyak terpajang di konter makanan beku sebagai solusi untuk anda yang tidak punya banyak waktu memasak tetapi ingin makan sehat. Meskipun praktis, risiko gangguan kesehatan tetap mengintai bila anda tidak memahami cara mencairkan ikan beku yang tepat.

Memahami Cara Menyimpan Ikan Beku Sebelum Mencairkannya

Ikan beku yang baru di beli harus segela dimasukan kedalam lemari es atau kulkas. Bila tidak memungkinkan, kemas ikan dalam bungkusan berisi es batu agar tetap dingin sebelum disimpan didalam kulkas. Suhu ideal menyimpan makanan laut adalah dibawah 4 derajat celcius, tapi akan lebih baik lagi jika anda menyimpannya didalam freezer.

Dilansir dari halaman USDA Food Safety and Inspection Service, bakteri yang telah ada pada ikan akan berlipat ganda dengan cepat jika berada di suhu ruangan terlalu talam. Inilah mengapa ikan beku yang telah berada di suhu ruangan selama lebih dari dua jam tidka boleh dibekukan kembali dan sebaiknya langsung diolah.

Cara Mencairkan Ikan Beku yang Tepat

Terdapat tiga cara mencairkan ikan beku yang tepat, yaitu :

  • Membiarkan didalam Kulkas

Ini adalah cara paling aman untuk mencairkan ikan beku. Masukka ikan dalam wadah bersih, lalu letakkan di bagian dasar kulkas atau berjauhan dari makanan lain untuk mencegah kontaminasi.

Proses ini dapat memakan waktu hingga 24 jam. Jadi tidak perlu mempersiapkan ikan beku setidaknya sehari sebelum dimasak. Keuntungannya, kualitas ikan akan terjadi hingga 1-2 hari setelahnya.

  • Menggunakan Air Dingin

Metoda ini lebih cepat dibandingkan dengan membiarkan ikan didalam kulkas, tapi anda perlua cermat dalam melakukannya. Pertama-tama bungkuslah ikan dalam kantung plastik, pastikan kantung plastik yang digunakan tidak bocor untuk mencegah bakteri masuk dan merusak ikan.

Masukkan plastik kedalam wadah berisi air dingin. Gantilah air setiap 30 menit sekali hingga ikan tidak lagi beku. Satu kilogram ikan beku mungkin membutuhkan waktu 2 jam sebelum dapat diolah.

  • Menggunakan Microwave

Untuk mencairkan ikan beku menggunakan microwave, anda membutuhkan wadah yang aman dan tahan panas. Hindari memanaskan ikan menggunakan wadah styrofoam, karton kemasan, atau bungkus plastik yang bersentuhan dengan ikan.

Masukan ikan dalam wadah, kemudian tutuplah dengan penutup yang tidak bersentuhan langsung dengan ikan. Metode ini memang mudah dan cepat, tapi hanya disarankan untuk ikan yang akan segera dimasak.

Hal yang Perlu diperhatikan Saat Mengolah Ikan Beku

Ikan beku yang telah dicairkan seluruhnya harus segera diolah. Jangan memasukkan kembali ikan ke dalam kulkan akrena dapat menyebabkan kontaminasi dan meningkatkan risiko keracunan makanan.

Terkadang, bagian tengah ikan mungkin terasa beku walapun bagian lainnya telah mencair. Jangan keliru dan membiarkan ikan berada di suhu ruangan hingga bagian tengahnya tidak lagi membeku, sebab suhu permukaan ikan bisa saja telah meningkat dan bakteri dapat berlipat ganda.

Jika mencairkan ikan beku terasa merepotkan, anda pun dapat mengolah ikan beku tanpa dihangatkan terlebih dahulu. Namun, perlu diperhatikan bahwa memasak ikan beku secara langsung tentu membutuhkan waktu yang lebih lama hingga benar-benar matang.

Dihangatkan maupun tidak, selalu cermati metode yang anda gunakan dalam menyimpan, mempersiapkan, hingga mengolah makanan beku. Dengan seperti itu, anda bisa tetap menjalani pola makan sehat dan terhindar dari risiko gangguan kesehatan akibat metode yang keliru.

Semoga Bermanfaat

TTD

TOKO HERBAL RICALINU

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *