Makanan Berlemak Tinggi Yang Baik Untuk Kesehatan

Memang kebanyakan makanan yang mempunyai kadar lemak tinggi tidak baik untuk kesehatan. Tatapi, ada beberapa Makanan Berlemak Tinggi Yang Baik Untuk Kesehatan dan bahkan sering kita konsumsi setiap harinya.

Makanan Berlemak Tinggi Yang Baik Untuk Kesehatan

Lemak merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh. Tubuh memerlukan sejumlah lemak dari makanan sebagai sumber energi dan membantu proses penyerapan nutrisi lain, seperti vitamin yang larut dalam lemak. Hanya saja, tetap harus lebih bijak dalam mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, karena tidak semua makanan berlemak mempunyai jenis lemak yang sehat.

Makanan Berlemak Tinggi Yang Baik Untuk Kesehatan

Makanan berlemak yang tidak sehat adalah yang mengandung banyak lemak jahat, seperti lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans. Jenis lemak ini terdapat pada makanan seperti daging merah, kulit ayam, susu full cream, hingga makanan cepat saji atau makanan olahan seperti kentang goreng, es krim, dan biskuit.

Tetapi, tidak semua makanan berlemak harus dijauhi. Ada beberapa makanan berlemak tinggi yang mengandung lemak sehat dan baik untuk kesehatan, seperti :

  • Ikan

Ikan termasuk makanan berlemak tinggi yang baik untuk kesehatan, karena mengandung lemak tak jenuh ganda dan asam lemak omega-3. Jenis lemak tersebut baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan otak serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Berbagai riset kesehatan sudah membuktikan bahwa mereka yang rutin menjaga pola makan sehat, termasuk memperbanyak asupan asam lemak omega-3 mempunyai risiko lebih rendah terkena bebrapa penyakit seperti jantung dan alzheimer.

Bebrapa jenis ikan yang banyak mengandung lemak sehat, seperti sarden, tongkol, kakap, salmon, dan tuna.

  • Telur

Sebagian orang tidak menyukai telur karena kuning telur mengandung lemak jenuh dan tinggi kolesterol. Akan tetapi, beberapa penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi telut tidak menimbulkan bahaya kesehatan, dengan catatan jumlah telur yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Telur memang mengandung lemak jenuh, tetapi juga mengandung lemak sehat omega 3 dan protein serta mineral yang tinggi. Kandungan nutrisi pada telur menjadikan makanan ini sehat untuk dikonsumsi. Karena, mengkonsumsi telur secara teratur dipercaya baik untuk kesehatan jantung, otak, dan mata.

  • Alpukat

Alpukat mengandung banyak oleic acid atau lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Selain itu, alpukat juga mengandung nutrisi lain seperti serat, kalium, folat, zat besi, vitamin A, dan vitamin E.

  • Kacang

Kacang kaya dengan kandungan lemak, vitamin E, vitamin B, magnesium, serat, dan protein. Jenis lemak yang terkandung pada kacang-kacangan adalah lemak sehat. Sebagai contoh, kacang kenari mengandung asam lemak omega 6 atau asam linoleat yang baik untuk kesehatan jantung.

Penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang cenderung memiliki risiko lebih rendah menderita obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

selain kacang kenari, kacang yang direkomendasikan sebagai makanan berlemak tinggi yang menyehatkan adalah kacang almon, kacang hazelnut, kacang kedelai, kacang tanahm dan kacang mete. Agar lebih sehat, dapat mengkonsumsi kacang yang diolah tanpa banyak tambahan garam, gula, dan minyak.

  • Coklat Hitam

Coklat hitam merupakan salah satu jenis makanan berlemak tinggi. Selain lemak, coklat hitam juga mengandung serat dan berbagai mineral seperti zat besi, magnesium, mangan, dan tembaga, dan juga kaya akan antioksidan.

Berbagai studi telah membuktikan bahwa konsumsi coklat hitam murni (tanpa pemanis) secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Coklat hitamjuga dapat memeliharan kesehatan dan fungsi otak serta menjaga kesehatan kulit.

Pada saat ingin mengkonsumsi coklat hitam, pilihlah doklat yang tidak mengandung pemanis atau gula tambahan.

  • Minyak Zaitun Murni

minyak zaitun sering digunakan untuk memasang atau sebagai campuran salad. Kandungn lemak yang terdapat pada minyak zaitun murni adalah minyak yak jenuh tunggul yang baik untuk kesehatan.

Konsumsi minyak zaitun dalam kadar yang tepat dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan lemak pada minyak zaitun juga dapat mengurangi risiko pembentukan plak pada pembuluh darah akibat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Ketika mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, kalian juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan berserat. Serat dapat membantu tuuh mencerna makanan berlemak tinggi dan membantu mengatasi sembelit.

Semoga saja, apa yang sudah saya tulis diatas tentang Makanan Berlemak Tinggi Yang Baik Untuk Kesehatan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

TOKO HERBAL RICALINU

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat