Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

Beberapa jenis Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil yang dapat di konsumsi setiap hari untuk lebih menambah dan memenuhi kebutuhan nutrisi serta protein pada ibu hamil dan janin yang sedang di kandungnya.

Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

Sarapan pagi mempunya banyak manfaat yang tidak boleh untuk dilewatkan, terutama untuk ibu hamil. Sarapan yang sehat akan mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, sekaligus mendukung pertumbuhan janin atau bayi yang sedang dalam kandungan.

Sarapan sehat untuk ibu hamil sangat perlu dan diwajibkan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh bumil. Mulai sari serat, vitmain, hingga mineral. Jika ibu hamil sering bingung menentukan sarapan yang sehat, disini saya merekomendasikan beberapa jenis menu sarapan yang bisa dipilihan oleh ibu hamil.

Berbagai Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

Beberapan jenis nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, termasuk kalsium, protein, asam folat, zat besi dan serat. Ibu hamil bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tersebut dari menu sarapan pagi dibawah ini :

  • Sereal

Makanan yang mengandung serat seperti Sereal dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menu sarapan ibu hamil. Dalam satu mangkuk sereal terkandung 8 gram serat dan 9 gram protein, yang bermanfaat untuk mencegah kram perut dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ibu hamil dapat mengkonsumsi satu mangkuk sereal yang dicampur dengan susu.

  • Telur

Telur dapat menjadi alternatif pilihan menu sarapan utnuk ibu hamil yang sedang tidak nafsu makan daging. Telur bermandaat untuk pembentukan sel tubuh bayi dan mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf. Ibu hamil dapat mengolah telur menjadi telur dadar yang dicampur dengan sayuran dan keju. Pastikan juga ibu hamil sudah memasaknya sampai benar-benar matang.

  • Pisang

Pisang merupakan makanan yang tidak boleh terlewatkan dalam menu sarapan ibu hamil. Kandungan kalium yang ada dalam pisang bermanfaat untuk mengatasi lelah, pisang juga relatif lebih mudah dikonsumsi jika ibu hamil mengalami mual. Selain dimakan langsung, pisang juga bisa dibuat smoothie dengan campuran yoghurt, buah beri, dan sedikit jus jeruk.

  • Prune atau Plum

Prune atau Buah Plum yang telah dikeringkat memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan ibu hamil. Buah yang baisa terdapat pada kue lapis legit ini bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah yang berperan untuk mengalirkan oksigen ke janin. Ibu Hamil juga dapat mengkonsumsi buah plum dengan cara menambahkannya kedalam sereal.

  • Susu

Susu mengandung banyak kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi bayi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ibu hamil dapat mengkonsumsi 250 mililiter susu rendah lemak per hari. Tapi jangan lupa untuk mengkonsumsi susu yang telah di pasteurisasi.

Selain mengkonsumsk beberapa jenis Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil diatas, bumi juga dapat mencukupu kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi vitamin. Namun, sebelum mengkonsumsumsi vitamin atau suplemen untuk ibu hamil, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Postby : Toko Herbal Ricalinu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *