Penyebab Ketiak Gatal dan Cara Mengatasinya

Pada kali ini saya akan menulis tentang Penyebab Ketiak Gatal dan Cara Mengatasinya yang harus anda ketahui, karena mungkin dalam masalah seperti ini bisa saja selain terkena iritasi, dapat menandakan juga adanya masalah kesehatan yang serius.

Ketiak yang terasa gatal memang merupakan hal yang tidak nyaman bagi semua orang, bahkan dapat mengganggu konsentrasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan dapat menurunkan kepercayaan diri jika dialami pada saat dihadapan banyak orang.

Rasa gatal pada ketiak memang sangat mudah terjadi, mengingat daerah tersebut merupakan daerah yang paling hangat dan lembap. Ketiak gatal pada umumnya disebabkan oleh kurang bersihnya ketika dan dapat mereda dengan sendiri. Meskipun dapat diatasi dengan sendirinya, akan tetapi ada beberapa penyebab ketika garal yang harus ditangani dengan serius.

Pada beberapa kondisi seperti infeksi atau bakteri juga dapat memicu ketiak gatal dan memerluka penanganan dengan obat. Selain rasa garal, kondisi ini dapat menimbulkan gejala lain, seperti ruam dan bengkak.

Penyebab Ketiak Gatal dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ketiak Gatal dan Cara Mengatasinya

Beberapa Penyebab Ketiak Gatal

Untuk kalian yang sangat sering merasakan gatal pada ketiak, alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit, karena penyebab gatal tidak selalu sederhana dan perlu diperika dengan seksama. Dibawah ini ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan ketiak gatal, yaitu :

  • Dermatitis Atopik atau Eksim

Eksim paling sering ditemukan pada lipatan kulit, seperti ketiak. Eksim pada ketiak ditandai dengan munculnya rasa gatal, kemerahan, dan kulit ketiak yang kering atau berkerak.

  • Dermatitis Seboroik

Kondisi ini biasanya dapat dipicu oleh produksi minyak kulit yang berlebihan. Selain itu, dermatitis seboroik juga dapat diakibatkan oleh kombinasi berbagai faktor, seperti udara kering dan dingin, gangguan kesehatan dan penggunaan obat tertentu, serta stres.

Dermatitis Seboroik pada ketiak tidak hanya ditandai dengan munculnya rasa gatal, tetapi juga dapat menyebabkan kulit ketiak bersisik, munculnya serpihan berwarna putih atau kuning seperti ketombe, hingga kemerahan pada kulit.

  • Dermatitis Kontak

Hal ini dapat dipicu kontak kulit ketiak langsung dengan bahan tertentu sehingga dapat menyebabkan kulit gatal, kemerahan, melepuh, kering, dan pecah-pecah.

Biasanya hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan losion, deodoran, minyak wangi, bahan tertentu dari pakaian yang dikenakan, hingga penggunaan deterjen yang dipakai untuk mencuci baju.

  • Infeksi Jamur

Candidiasis atau infeksi jamur, selain dapat memicu timbulnya rasa gatal. Kondisi ini juga dapat menyebabkan munculnya ruam kemerahan dan pembengkakan.

Risiko seseorang mengalami ketiak gatal karena infeksi jamur dapat meningkat jika orang tersebut kurang menjaga kebersihan, sering mengenakan pakaian ketat, atau beraktivitas dalam cuaca panas.

  • Psoriasis

Psoriasis adalah salah satu penyakit autoimun yang dapat menyebabkan keluhan pada kulit. Penyakit autoimun ini ditandai dengan penebalan kulit berwarna kemerahan dengan sisik berwarna putih bersih yang mudah mengelupas.

  • Intertrigo

intertrigo dapat ditandai dengan adanya ruam pada lipatan tubuh yang disebabkan oleh peradangan, baik karena infeksi ataupun iritasi. Intertigo pada ketiak dapat menyebabkan ketiak gatal, kemerahan, dan perih.

Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja. Tetapi, orang yang mengalami obesitas, diabetes, dan perokok lebih berisiko untuk terkena intertrigo tidak terkecuali intertrigo pada ketiak.

  • Hidradenitis Suppurativa

Selain dapat memicu munculnya rasa gatal, kondisi ini juga menyebabkan munculnya benjolan ditempat tumbuhnya rambut ketiak. Benjolan yang mirip seperti bisul dan komedo dapat menghilang, pecah atau mengeluarkan nanah.

Cara Mengatasi dan Meredakan Ketiak Gatal

Meskipun sangat tidak nyaman, tetapi pada saat ketiak gatal sebaiknya tidak digaruk karena dapat memicu terjadinya infeksi. Daripada menggaruknya, lebih baik dilakukan tindakan berikut ini :

  1. Tepuk atau cubbit area yang terasa gatal secara lembut dan perlahan, untuk mengurangi rasa gatal yang tidak tertahankan.
  2. Kompres ketiak yang gatal dengan kompres dingin sekitar 5-10 menit atau hingga rasa gatal mereda.
  3. Mandi dengan menggunakan air hangat
  4. Oleskan pelembap yang tidak mengandung pewangi atau krim antigatal yang dijual bebas
  5. Hindari mencukur area ketika selama ada keluhan ketiak gatal, kecuali jika disarankan oleh dokter.

Jika cara diatas sudah dilakukan, tetapi ketiak masih terasa gatal atau tidak kunjung mereda, segera berkonsultasi dengan dokter dan mereka akan memeriknya serta menangani keluhan sesuai dengan penyebab gatal pada ketiak.

Ketiak gatal yang disebabkan oleh alergi atau iritasi karena bahan tertentu, akan disarankan utnuk mengindari pemakaian bahan pemicu gatal tersebut. Selain itu, juga akan diberikan krim pereda radang dan antigatal.

Selain itu, pada kasus yang disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri, salep antijamur atau antibiotik akan diberikan sesuai dengan penyebabnya. Tetapi jika infeksi sudah parah, obat minum juga dapat diberikan.

Untuk yang disebabkan oleh Psoriaris, krim oleh yang mengandung asam salisilat atau steroid mungkin akan diberikan dokter. Sebangkan untuk kasus ketiak garal yang disebabkan oleh Hidradenitis Suppurativa, pemberian krim kortikosteroid dan obat penunjang lainnya, seperti ibuprofen dan antibiotik mungkin akan diberikan oleh dokter.

Ketiak yang terasa gatal, memang pada umumnya akan mereda dengan sendirinya. Tetetapi, jika keluhan ini sering kambuh dan tidak membaik setelah perawatan atau penggunaan krim antigatal yang dijual bebas dilakukan, berkonsultasilah dengan dokter.

Semoga saja antikel yang saya tulis diatas mengenai Penyebab Ketiak Gatal dan Cara Mengatasinya ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Salam Sehat Selalu

TOKO HERBAL RICALINU

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat